Tips Belanja Online Dengan Aman

7 Tips Cara Belanja Online Supaya Tidak Tertipu

Apapun juga dalam kehidupan ini mempunyai sisi positif dan juga negatif seperti halnya internet. Dengan internet kita bisa mendapatkan informasi dengan cepat, bahkan bisa juga dijadikan sebagai media untuk bisnis atau jual beli. Namun dari semua itu, banyak juga orang yang menggunakan internet untuk kejahatan, penipuan, dan tindak kriminal lainnya.

Setelah membaca artikel dari Yahoo News tentang toko online gadungan yang ada di situs jejaring sosial Facebook, saya jadi berfikir untuk dapat menjelaskan bahwa tidak semua toko online itu merupakan situs penipuan atau situs gadungan, anda hanya perlu mengetahui beberapa tips belanja online dengan aman seperti yang dijelaskan pada artikel ini. Beberapa hal yang perlu anda selidiki sebelum anda memutuskan untuk melakukan transaksi dengan toko online antara lain sebagai berikut.

1. Apakah mereka memiliki situs sendiri – Tips belanja online pertama

Pada kasus yang tertulis di Yahoo News diatas adalah mengenai toko online yang ada di Facebook yang biasanya mereka melakukan promosi dengan cara tagging foto kepada beberapa teman yang mereka miliki. Sebenarnya ini tidak masalah jika anda memang membutuhkan produk-produk yang mereka tawarkan. Namun ini dapat menjadi masalah ketika anda di tag berkali-kali dalam sehari, bisa-bisa wall anda seperti pasar.

Catatan: Tidak semua yang melakukan promosi seperti ini adalah scam atau penipuan.

Tips amannya yaitu:

  1. Anda selidiki apakah mereka memiliki situs sendiri.
  2. Lebih baik lagi jika anda berbelanja pada toko online yang memiliki situs dengan hosting sendiri, bukan situs gratisan. Karena dengan begitu manandakan bahwa mereka memang serius melakukan bisnis dengan membeli nama domain dan menyewa hosting sendiri.
  3. Karena memang tidak semua online shop atau toko online di FB adalah gadungan dan jika anda tetap ingin berbelanja online lewat Facebook, lebih baik bertransaksi dengan orang yang benar-benar anda kenal atau mereka yang telah memiliki track record yang baik, seperti mempunyai testimonial dari pelanggannya.

2. Lihat ranking Alexa situs – Tips cara belanja online kedua

Apa itu ranking Alexa? ranking Alexa atau Alexa rank adalah ranking yang dibuat oleh Alexa.Com berdasarkan banyaknya trafik atau kunjungan terhadap suatu website. Angka semakin kecil berarti semakin baik. Cara mengetahuinya yaitu dengan memasukkan nama situs ke kotak search Alexa.Com atau jika anda memakai browser Mozilla Firefox anda dapat menginstall add on Alexa Toolbar.

Tips Belanja Online Dengan Aman

Anda bisa lihat Alexa rank situs Wakamin Online saat tulisan ini dibuat pada gambar di atas. Klik Get Details untuk melihat statistik lebih mendalam. Saat ini yang memiliki ranking Alexa 1 adalah Google. Situs yang memilki ranking Alexa kecil menandakan bahwa situs tersebut sering dikunjungi. Dengan begitu, maka kemungkinan besar situs tersebut adalah situs yang dapat dipercaya karena sering dikunjungi visitor. Dengan ranking Alexa 664.992 yang dimiliki Wakamin Online ini sudah cukup bagus, rata-rata trafik situs ini adalah kurang lebih 150 visitor/hari pada saat tulisan ini dibuat. Walaupun angka ini masih dirasa kurangĀ  bila dibandingkan dengan situs besar lainnya, namun jauh lebih baik dari pada memiliki ranking Alexa 5.000.000 atau bahkan puluhan juta.

Catatan: Ini bukan berarti situs yang memiliki ranking Alexa besar adalah situs penipuan. Ini bisa dikarenakan situs tersebut kurang teroptimasi untuk search engine atau kurangnya promosi yang dilakukan oleh pemilik situs.

3. Harga yang pantas – Tips belanja online ketiga

Pada kasus diatas, si korban tergiur dengan harga yang murah. Oleh sebab itu pastikan harga yang ditawarkan oleh si penjual adalah harga pasaran produk. Tidak terlalu murah juga tidak terlalu mahal.

Catatan: Lebih baik jika anda tidak melakukan transaksi dengan penjual yang menawarkan harga murah yang tidak masuk akal.Tips Belanja Online Dengan Aman

4. Situs memiliki halaman kontak yang dapat dihubungi Tips cara belanja online keempat

Apalah artinya jika toko online tidak memiliki kontak atau customer service yang dapat dihubungi oleh pelanggannya. Dengan memiliki customer service yang dapat dihubungi maka anda dapat menghubungi mereka jika anda memiliki pertanyaan atau terjadi sesuatu pada waktu shipping. Kontak bisa berupa form email, alamat email atau nomor telefon/HP.

Catatan: Jika toko online tidak memiliki kontak/customer service yang dapat dihubungi, jangan sekali-kali anda melakukan transaksi.

5. TestimonialTips cara belanja online kelima

Situs yang memiliki testimonial menandakan bahwa situs tersebut telah memiliki pelanggan, dan ini bagus untuk dapat mengetahui tentang kualitas produk yang mereka tawarkan dari pelanggan mereka.

Catatan: Sebagian besar toko online memang memiliki testimonial. Jika tidak ada, kemungkinan toko online tersebut masih baru dan belum memiliki banyak pelanggan.

6. Memiliki Twitter atau halaman Pages di FacebookTips belanja online keenam

Toko online yang memiliki Twitter dan Facebook Pages menandakan bahwa mereka memiliki strategi marketing. Halaman Facebook Pages yang dimaksud disini adalah akun Facebook Pages, bukan akun Facebook individu. Apa perbedaanya? Facebook Pages memiliki tombol “Like” untuk bergabung, sedangkan akun Facebook individu memiliki tombol “Add as Friend” untuk menjadi teman.

Catatan: Bukan berarti toko online yang tidak memiliki Twitter atau Facebook adalah situs penipuan, mungkin mereka belum mengetahui tentang social media marketing atau tidak tertarik untuk melakukan itu.

7. Hal-hal tidak wajar lainnya – Tips cara belanja online ketujuh

Biasanya transaksi online dilakukan dengan melakukan transfer antar bank, kartu kredit atau bisa juga lewat payment gateway seperti Paypal atau iPaymu. Namun jika anda menemukan toko online yang menanyakan tentang hal-hal yang bersifat rahasia seperti password kartu ATM, internet banking atau password akun Paypal anda, maka anda harus berhati-hati karena hal ini tidak masuk akal. Pihak bank dan atau Paypal sendiri tidak mungkin menanyakan hal tersebut.

Catatan: Jangan sekali-kali melakukan transaksi dengan toko online seperti ini.

Saya sadar ada banyak toko online di Facebook yang menjalankan bisnisnya dengan benar, tulisan ini hanya bermaksud untuk mengingatkan kita supaya lebih berhati-hati lagi ketika ingin melakukan transaksi online.

Diharapkan setelah membaca tips belanja online ini, anda dapat lebih hati-hati lagi dan mengetahui hal apa saja yang perlu anda ingat sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi. Jika ada kekurangan, mohon koreksinya Tips Belanja Online Dengan Aman .

18 Responses to Tips Belanja Online Dengan Aman

  1. Lengkap juga tipsnya. Akhir2 ini juga marak penipuan oleh calon pembeli (e.g dengan pura2 membeli dalam jumlah besar, lalu menyuruh penjual ke ATM untuk transaksi lain).

    Jadi pembeli dan penjual wajib hati2.
    Cheers.

  2. Wakamin says:

    Oh ada toh yang kaya begitu… hahaha… :D
    Thanks atas infonya…

  3. The MAster says:

    YA, saya pernah juga tertipu oleh toko online di FB.
    Penipu menawarkan lewat tag brg2 elektornik mulai dr HP, Laptop hingga kamera dengan harga Miring.
    tapi setelah saya transfer via atm, barang tidak pernah dikirim bahkan setiap saya hubungi nomor kontaknya selalu dimatikan.

    WASPADALAH….

  4. DiskonTop says:

    Wah, lengkap banget nih. Terima kasih banyak ya.

  5. trie says:

    mas minta tolong dong apa sih nama situs belanja on line yang aman dan sdh terpercaya?
    minta tolong yah mas.., terimah kasih sebelumnya..

  6. Wakamin says:

    Belanja online di http://www.tokobajubatikonline.com/ aman dan sudah terpercaya. Ini yang mengelola saya sendiri :)

  7. Tatangdr says:

    satu tips lagi : jika transaksi terlalu mudah berhati-hatilah dan jika anda belum percaya jangan sekali-kali melakukan transaksi. :D

  8. Anak Desa says:

    Tips yang bermanfaat… Makasih mas, jadi rekomendasi saya untuk berhati-hati dalam belanja Online….

  9. Alfaniaga says:

    tips yang sangat bermanfaat sekali mas, kebetulan ane juga buka toko online.

  10. Maheka Shop says:

    Pastikan anda sudah mengetahui barang yang akan dibeli. Hal ini dapat dilakukan dengan bertanya tentang jenis barang, bahan, ukuran, warna, dll.

  11. david says:

    Hari ini saya belanja online lewat prismaelektroshopping.com untuk beli torch. harganya cuma 2,1 jt (BM dari batam). setelah transfer (tf), ternyata saya diminta transfer lagi 2 jt untuk member ID. spontan aku ngak mau. tp katanya barang tidak bisa dikirim kalau tidak tf 2 jt lagi. so.. aku bilang di cancel aja dan uang kembalikan. tapi mereka tidak mau tf balik. jadi hilang deh 2,1 jtnya. apa betul begitu? Please help!
    PS: (menurut mereka 2 jt itu setelah di tf akan dikembalikan dalam waktu 30 menit kemudian)

  12. bunda naura says:

    tips yg bermanfaat..kbetulan pertengahan feb kmrn br ja lounching toko OL jg..jd tau kekurangan toko OL sy..o,iya..utk testimony,klo sy lbh memilih mencantumkan nomor2 resi bukti pngiriman..coz ga smua costomer mau mmberikan testimony…ijin copas tips nya ya mas brow..thx.

  13. eciind says:

    kalo v2cell.com aman gak ya

  14. terima kasih atas informasinya, sangat berguna untuk saya, sukses untuk kamu

  15. biba says:

    kalo v2cell.com aman gak ya

    saya juga penasaran mengenai situs itu? apakah bukan penipuan ??

  16. jossmart says:

    Alhamdulillah pelanggan saya sampai perbatasan denan negeri JIRAN yaitu di Pulau Sebatik?
    Kami sudah berpengalaman dalam pengiriman order baik via udara, laut , darat klik aja http://www.jossmart.com

  17. Jual Fotocopy Murah says:

    Ini yang saya cari, kebetulan saya juga sebagai penjual online yang tidak ingin dicap sebagai pembohong makanya boleh ngga saya copy sedikit ringkasan dan tentunya disertai link kesini agar para pelanggan saya bisa lebih percaya kalau saya bukan pedagang yang pembohong.
    Ya mudah-mudahan admin wakamin tidak keberatan dan Terima kasih masukkannya

  18. felix says:

    mau tanya nih, website http://www.sinar-abadishop.com itu penipu apa beneran ya ? Thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>